Sabtu, 02 Juni 2012

KISAH SINGKAT ISRO' MI'ROJ

KISAH SINGKAT ISRO' MI'ROJ*
(Oleh : M.Ghautsumminallah)
Pengertian :
Isro' dan Mi'roj adalah perjalanan Nabi SAW dari Masjidil Haram  di Makkah ke Masjidil Aqsa di Al Quds. Sedangkan Mi'raj ialah kenaikan Rasulullah SAW menembus lapisan langit tertingi, sampai batas yang tidak dapat di jangkau oleh ilmu semua makhluk, malaikat, manusia, dan jin, semua di tempuh sehari semalam

Hukum bagi kaum Muslim Mu'min
Wajib a'in setiap orang Islam meyakini, mengaqidahi sepenuh hati bahwa Isra' M'iraj yang dialami oleh Nabi SAW  adalah hak dan benar. Beliau dalam hal ini, di lakukan dengan jasad dan ruh karena peristiwa ini adalah termasuk mu'jizat bagi beliau. Demikianlah pandangam jumhur kaum Muslimin

Dasar peristiwa Isra' Mi'raj
1. Di sebutkan dalam QS Al-isra ayat1
سبحان الذىاسرىبعبده ليلامن المسجدالحرام الى المسجد الاقصاالذى باركناحوله لنريه من اياتنا انه هوالسميع البصير
Artinya : " Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso' yang telah kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda  (kebesaran ) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Al –Isro ayat 1)

 2. Disebutkan dalam sunan hadits diantaranya soheh Bukhori dan Muslim.
Disebutkan bahwa dalam perjalanan ini Rosulullah menaiki Buroq yakni satu jenis binatang kendaraan yang lebih besar sedikit dari keledai dan lebih kecil sedikit dari unta. Disebutkan binatang ini berjalan dengan langkah sejauh mata memandang dan disebutkan pula bahwa Nabi Muhammad SAW memasuki Masjidil Aqso', lalu sholat 2 rakaat didalamnya kemudian Jibril datang kepadanya seraya membawa segelas khamr dan susu. Lalu beliau memilih susu Jibril lalu berkata " Engkau telah memilih fitrah " dalam perjalanan ini Rosulullah naik kelangit pertama, kedua, ketiga, keempat,dst, sampai kesidratul muntaha. Disini beliau menerima wahyu dari Allah diantaranya adalah solat lima waktu atas kaum muslim dimana pada awalnya sebanyak lima puluh kali didalam sehari semalam.

Waktu Peristiwa Isra Mi'raj
 Ada perbedaan pandangan mengenai penetapan waktu terjadinya. Menurut riwayat Ibnu sa'id dalam Thobaqot peristiwa ini terjadi pada delapan belas bulan sebelum hijrah dan yang masyhur dikalangan kaum muslimin adalah 27 Rajab tahun kesepuluh dari nubuwah dan ini pandangan Al 'Alamah Al Manshurfary keadaan yang meliputi Nabi sebelum peristiwa Isra' Mi'raj. Peristiwa Isra Mi'raj diawali dengan keadaan Nabi dalam kondisi yang terjepit. Kuatnya tekanan dari musuh-musuhnya, kafir quraisy semakin hari semakin menjadi-jadi. Kesewenangan – wenangan mereka kepada kaum muslimin, terutama dari kalangan budak, penyiksaan dan penindasan selalu terdengar dari telinga Nabi ditambah keadaan semakin berat dan memprihatinkan, pada tahun kesepuluh dari bulan Rajab paman beliau Abu Thalib sebagai tumpuan perlindungan dari pertentangan kaum musuh dipanggil oleh Allah.      
Sayang memang sayang Abu Tholib tidak ditakdirkan sebagai salah seorang beriman kepada Rosulullah walaupun sudah berapa kali beliau mengajak kepadanya untuk mengucapkan kalimat, "Laa ilaa ha illallah". Allah pun melarang beliau untuk memohonkan ampunan kepada Allah untuknya karena musrik (At Taubah ayat 113). Meninggalnya Abu Tholib tentu menambah beban tersendiri bagi beliau
      Tidak lama kemudian istri beliau yang tercinta Ummul Mu'minin Sayyidah Khotijah Al-Kubro pulang kerahmatullah kira-kira dua atau tiga bulan setelah Abu Tholib meninggal dunia, tepatnya pada bulan Romadhan th ke-10 dari nubuwwah pada usia ke 65 tahun dan beliau pada usia 50 tahun. Tidak bisa dibayangkan betapa agungnya Sayyidah Khotijah ini. Pengorbanan beliau terhadap Islam tiada tara. Dia selama seperempat abad mendampingi beliau dikala resah melindungi beliau disaat kritis, menolong beliau dalam menebarkan risalah, melindungi beliau dalam menjalankan jihad yang berat, rela menyerahkan diri dan hartanya kepada beliau. Rosulullah bersabda tentang diri Sayyidah Khotijah, dia beriman kepadaku dikala semua orang mengingkariku, dia mmbenarkan dikala orang-orang mendustakanku menyerahkan hartanya dikala orang-orang tidak memberikan kepadaku.
      Tak pelak semenjak meninggalnya dua orang pelindung dan penolong bagi jihad beliau ,orang-orang kafir quraisy semakin semangat menyakiti beliau dari pada ketika mereka berdua masih hidup. Sampai ada diantara mereka yang tiba-tiba mendekati beliau lalu menaburkan debu di atas kepala beliau. Beliau masuk rumah dan debu-debu itu masih memenuhi kepala lalu diantara putri beliau ( Fatimah Az-Zahroh ) bangkit untuk membersihkan debu-debu itu sambil menangis. Beliau bersabda kepadanya," Tak perlu menangis wahai putriku karena Allah akan melindungi bapakmu". Pada saat-saat seperti itu beliau juga bersabda," Aku tidak pernah menerima gangguan yang paling kubenci dari quraisy, hingga Abu Tholib meninggal dunia".
Karena penderitaan yang bertumpuk-tumpuk pada tahun itu, maka beliau menyebutnya sebagai "Ammul Huzni" (tahun duka cita).
            Penderitaan yang beliau rasakan tidak menyurutkan beliau untuk terus mendakwahkan risalah Islam, menyebarkan agama Allah, walau sambutan mereka dingin bahkan yang beliau terima adalah tanggapan sebaliknya, cacian, cercaan, dan lemparan batu sering beliau alami. Kendati beliau sudah mengalihkan dakwah
beliau keluar negeri Makkah yaitu Thoif. Disanapun tidak jauh berbeda dengan tanggapan dari penduduk Makkah. Ingin sebenarnya penulis menyampaikan daerah-daerah mana atau kabilah-kabilah mana saja yang beliau disana mengajak mereka untuk masuk Islam, akan tetapi uraian di atas hanya sekilas menggambarkan kondisi beliau sebelum melakukan Isro' Mi'roj.

RIWAYAT SINGKAT ISRO' MI'ROJ

            Selagi Nabi SAW berada dalam kondisi penderitaan dan kesedihan, dalam perjalanan mendapatkan secercah keberhasilan ataupun tekanan, Subhanallah, Mahasuci Allah dia berkenan untuk menunjukkan tanda-tanda kebesaran-Nya kepada beliau dengan perjalanan beliau diwaktu malam dari Masjidil Harom ke Masjidil Aqso yang disebut Isro' dan dilanjutkan perjalanan ke langit lapis tujuh dan akhirnya di sidrotul muntaha yang disebut dengan Mi'roj.
            Meriwayatkan perincian secara sebenarnya, tidaklah mungkin di atas kertas ini. Kami akan memaparkannya secara singkat berdasarkan pada para imam hadist
Menurut riwayat yang sohih, Rosulullah SAW diisro'kan dengan jasadnya dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis dengan menaiki Buroq yang disertai Jibril, lalu turun disana dan sholat mengimami para nabi lain. Sementara Buroq diikat pada tali pintu masjid.
Pada malam itu juga dari Baitul Maqdis beliau naik ke langit dunia bersama Jibril. .Jibril minta izin agar dibukakan pintu langit, maka pintu langit dibuka baginya Ini langit lapis pertama. Disana beliau melihat Nabi Adam, bapak sekalian manusia. Beliau mengucapkan salam dan Nabi Adam pun menyambut kedatangan beliau, menjawab salam dan menetapkan nubuwah beliau. Allah memperlihatkan roh-roh yang mati sahid disebelah kanan dan roh-roh orang yang sengsara ada disebelah kiri .
Kemudian naik kelangit kedua disana beliau melihat Nabi Yahya bin Zakaria dan Isa bin Maryam. Setelah bertemu beliau mengucapkan salam dan mereka menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau
Kemudian naik ke langit ke tiga bertemu dengan Nabi Yusuf naik ke langit empat bertemu dengan Nabi Idris , naik kelangit ke lima bertemu dengan Nabi Harun bin Imron dan naik langit ke enam bertemu bertemu dengan Nabi Musa bin Imron dan naik langit ke tujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim. Pada setiap bertemu dengan para nabi tersebut beliau selalu mengucapkan salam untuk mereka dan mereka pun menjawab selam beliau dan menetapkan nubuwah beliau. Khusus saat bertemu dengan Nabi Musa, belau melihatnya dalam keadaan menangis ketika beliau hendak berlalu dengannya maka beliau bertanya mengapa engkau menangis? Nabi musa menjawab, "Aku menangis karena ada seorang pemuda yang diutus sesudahku yang masuk surga bersama umatnya dan lebih banyak dari pada umatku yang masuk kesana".
Kemudian beliau naik lagi ke Sidrotil Muntaha, lalu dibawa naik ke Baitul Makmur kemudian dibawa naik lagi untuk menghadap Allah Yang Maha Perkasa dan mendekat-Nya hingga jaraknya tinggal sepanjang dua ujung busur atau lebih dekat lagi, lalu Allah mewahyukan apa yang diriwahyukan kepada hambanya. Allah mewajibkan kepada beliau sholat 55 kali , beliau kembali hingga bertemu Nabi Musa
"Apa yang diperitahkan kepadamu ", jawab beliau, "Sholat 55 kali".
"Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup melakukanya kembalilah menemui Robb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya bagi umatmu", kata Nabi Musa beliau memandang kearah Jibril meminta pendapatnya, maka Jibril mengisyaratkan dengan berkata " Itu benar jika engkau menghendaki".
Bersama Jibril beliau naik lagi hingga menghadap Allah Yang Maha Perkasa, begitulah yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhori dengan beberapa jalan periwayatannya jumlah sholat yang dikurang sepuluh kemudian beliau turun hingga bertemu Nabi Musa dan menyampaikan kabar kepadanya.
"Kembalilah lagi menemui Robb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya , begitulah beliau mondar-mandir menemui Nabi Musa dan Allah Azza wa Jalla , hingga sholat itu ditetapakan 5 kali.
Sebenarnya Nabi Musa menjawab beliau untuk kembali lagi untuk menemui Allah dan meminta keringanan, namun beliau bersabda, "Aku sudah malu kepada Robbku aku sudah ridlo dan menerimanya.
Sholat yang pertama kali beliau kerjakan selepas peristiwa Isro' Mi'roj adalah Sholat Dhuhur setelah waktu paginya diajari oleh Malaikat Jibril.
Beberapa peristiwa yang perlu dicatat dalam perjalanan Isro' Mi'roj di antaranya :
  1. Nabi Muhammad SAW melihat Jibril dalam rupa aslinya di Sidrotil Muntaha
  2. Beliau dibelah dadanya untuk yang kedua kalinya.
  3. Beliau ditawari susu dan khomer, lalu beliau memilih susu, lalu dikatakan kepada beliau, "Engkau telah mendapat fitrah jika engkau memilih khomer engkau akan menyesatkan umatmu".
  4. Beliau melihat 4 sungai di surga, dua sungai yang tampak, ada 2 yang sungai tidak tampak, 2 sungai yang tampak itu ada sungai nil dan efrat yang penduduknya akan menjadi pengemban Islam dari satu generasi ke generasi setelahnya bukan berarti air kedua sungai itu berasal dari surga.
  5. Beliau melihat malaikat penjaga neraka yang tidak pernah tersenyum dan wajahnya tidak ada kegembiraan dan keceriaan beliaupun melihat surga dan neraka.
  6. Beliau melihat orang-orang mengambil harta anak yatim sewenang-wenang yang mempunyai bibir seperti onta mereka mengambil sepotong api dari neraka langsung dari bibirnya itu lalu api itu keluar dari dubur-duburnya .
  7. Beliau melihat orang-orang suka mengambil riba mereka mempunyai perut yang membesar sehingga tidak bisa beranjak dari tempatnya, kemudian para pengikutnya Fir'aun melewati mereka takkala digiring ke neraka lalu mereka melemparkan orang-orang yang mengambil riba ini ke neraka.
  8. Beliau melihat para pezina yang membawa daging berminyak yang baik ditangannya dan disebelahnya ada daging yang jelek dan busuk mereka malah mengambil daging yang busuk itu dan membiarkan yang baik.
  9. Beliau melihat para wanita yang suka memasuki tempat tinggal orang laki-laki yang bukan anak-anaknya ,beliau melihat para wanita itu bergelanyutan pada payudaranya .
  10. Beliau melihat kafilah dari penduduk Makkah dalam bepergian dan kepulangannya beliau menunjukkan seekor onta milik mereka yang terlepas dan beliau minum air mereka dibejana yang tertutup selagi mereka sedang tidur, lalu meninggalkan bejana itu tetap dalam keadaan tertutup ini merupakan bukti kebenaran pernyataan beliau yang disampaikan esok harinya setelah Isro' Mi'roj.

Referensi
    1. Sirah Nabawiyyah karya : Syaikh Syafiyyurrhman Al-Mubarakfury
    2. Sirah Nabawiyyah karya : Dr. Muhammad Said Ramadlan Al-Buthy.
    3. I'anah At-Tholibin karya Al-`Alamah Abu Bakar Ad-Dimyaty
    4. Tanwirul Qulub karya As-Syaikh Muhammad Amir Al-Kurdy



Disampaikan pada acara peringatan Isro' Mi'roj di komplek K-2 (Al-Kandiyas)
PP. Al-Munawwir 22-9-2003 M/26 Rajab 1424 H   

ADAB & DO'A SAFAR
Setiap muslim memandang safar( bepergian ) sebagai keharusan dalam hidupnya, tidak bisa tidak  dia harus mengadakan perjalanan, banyak ibadah yang pelaksanaannya harus dengan safar, seperti ; hajji, umroh, perang, mencari ilmu, berdagang, berobat atau menengok/berkunjung ke tempat saudara  yang lagi sakit insyaAlloh semuanya termasuk amal Ibadah yang mengandung banyak pahala
Syariat Islam memberi tuntunan tentang kewajiban kewajiban yang harus dilaksanakan pada saat safar dan adab adabnya, untuk dipelajari dan dipraktekkan sejak berangkat sampai pulang ke rumah.
Syari’at Ubudiyah ketika safar:
1. Mengqoshor sholat empat roka’ah (kecuali maghrib dan shubuh). Sholatdzuhur, ‘ashar dan ‘isya dilaksanakan dua roka’at (Q.S. an Nisa ; 101).
2. Ketika wudhu boleh tidak melepas sepatu, sepatunya hanya diusap dengan air saja, dengan syarat sepatunya rapat dan panjangnya melebihi mata kaki.
3. Diperbolehkan tayammum jika kesulitan menemukan air yang bisa digunakan untuk berwudhu ( q.S. An Nisa 43 ).
4. Diberi kemurahan untuk tidak berpuasa wajib, dengan catatan sebagai penggantinya berpuasa diwaktu yang lain. ( Q.S. al Baqoroh 184 )
5. Diperbolehkan sholat sunnah di kendaraan walaupun kendaraannya tidak menghadap kiblat.
6. Diperbolehkan menjamak sholat dzuhur-‘Ashar dan maghrib-‘isya. Jika sholat‘ashar di waktu dzuhur atau sholat ‘isya diwaktu maghrib disebut jama’ taqdim. Jika sholat dzuhur di waktu ‘ashar atau sholat maghrib di waktu ‘isya disebut jama’ta-khir.
Adab Safar :
1. Harus menghindari segala hal yang mengandung kedzaliman dan kesia-siaan.
2. Biaya / dana yang digunakan untuk bepergian berasal dari rizki yang halal dan hendaklah meninggalkan dana/biaya untuk keperluan istri dan anak- anaknya yang ditinggal safar.
3. Hendaklah beramitan kepada keluarganya, saudara saudaranya dan teman temannya seraya mendo’akan dan berpesan :
أسْتَوْدِعُ اللهَ دِيْنَكـُمْ وَأمَانـَتَكـُمْ وَخَوَاتِيْمَ أعْمَالِكـُمْ
Artinya : Aku pasrahkan kepada Allah urusan agamamu, amanatmu dan hasil akhir amalmu.
Disambut oleh yang dipamiti :
زَوَّدَ كَ اللهُ التـَّقـْوَى وَغَفـَرَ ذ َنـْبَكَ وَوَجَّهَكَ إلـَى الخَيْرِ حَيْثُ تـَوَجَّهْتَ
Artinya : Semoga Allah membekalimu dengan ketaqwaan, mengampuni dosamu dan mengarahkan wajahmu kepada kebaikan kapan saja menghadapkan wajah.
4. Hendaknya menunjuk salah seorang untuk menjadi penanggung jawab safar tersebut jika yang safar rombongan.
5. Supaya sholat sunnah safar dua roka’at juga yang termasuk sholat istikhoroh.
6. Derdo’alah ketika berajak pergi dari rumah dengan bacaan do’a sebagai berikut;
بِسْمِ اللهِ توَكلْتُ عَلىَ اللهِ وَلا حَوْلَ وَلا قوَّةَ إلاَّ بِاللهِ , اللّهُمَّ إِ نِّيْ أعُوْذ بِكَ أَنْ أضِلَّّّ أوْ أُضَـلَّ أوْ أِزلَّ أوْ أُزَلَّ أوْأجْهَـلَ أوْ يُجْهَلَ عَلــَيَّ .
Artinya : Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Allah. Ya Allah sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari ketersesatan atau disesatkan, atau tergelincir atau digelincirkan ( kepada keburukan atau bahaya ) atau dari pembodohan atau dibodohi ( orang )..
Do’a ketika naik kendaraan :
بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ اللهُ أكْبَرْ تَوَكـَّلتُ عَلىَ اللهِ وَلا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ , مَا شَاءَ اللهُ كَانَ وَمَا لمْ يَشَأ لمْ يَكـُنْْ, سُبْحَانَ اللهَُّ Artinya : Atas nama Allah dan dengan Allah, Allah Maha besar, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali karena Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Apa yang Dia kehendaki betul betul terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan terjadi, maha suci ALLOH
7. Hendaklah bertakbir ketika menanjak ( di tempat yang tinggi )
8. Jika takut kepada seseorang hendaklah berdo’a :
اللـّهُمَّ إنـَّا نَجَألكَ فِى نـُحُوِْرهِمْ وَنَعُوْذ ِبكَ مِنْ شُرُوِْرهِمْ
9. Hendaklah memanfa’atkan safar itu untuk selalu berdo’a kepada Allah, karena sesuai sabda Rosulullah saw : “Ada tiga do’a yang mustajabah ; 1. do’anya orang yang teraniaya, 2. do’anya orang yang sedang safar ( bepergian) dan do’anya orang tua terhadap anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar