Senin, 27 Agustus 2012

METODE PENGOBATAN PENYAKIT DENGAN DO'A


METODE PENGOBATAN PENYAKIT DENGAN DO'A
Salah satu metode pengobatan penyakit dalam islam yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah saw adalah dengan cara melalui Do'a. Pernah suatu ketika, ketika Baginda Rasulullah saw sakit, maka datanglah malaikat Jibril mendekati tubuh beliau saw kemudian malaikat Jibril  membacakan salah satu do'a yang kemudian ditiupkan ke tubuh nabi saw, dengan ijin Allah swt seketika itu juga beliau saw sembuh dari sakitnya. Do'a yang dibaca oleh malaikat Jibril tersebut adalah sebagai berikut : " Bismillahi arqiika min kulli syai-in yu'dziika minsyarri kulli nafsin au 'aini haasidin Allahu yasyfiika bismillaahi arqiika."
Inilah salah satu metode pengobatan penyakit yang diajarkan Rasulullah kepada kita, yaitu tidak hanya menggantungkan pada obat-obatan tapi beliau saw juga mengedepankan terapi do'a kepada Allah swt. Paling tidak ada tiga (3) cara yang dilakukan oleh Rasulullah saw dalam mengobati penyakit dengan do'a, yaitu :
  1. Nafats
     Yaitu membaca ayat al-Qur'an atau do'a-do'a yang diajarkan oleh Rasulullah saw yang kemudian ditiupkan ke tangan dan diusapkan ke seluruh tubuh orang yang sakit. Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa saat Nabi saw sakit maka beliau saw membaca Al-qur'an surah Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzataini yaitu dua surah Al-qur'an yang diawali dengan kata "A'udzu" yaitu surah Al-falq dan An-Nas kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan beliau lalu beliau usapkan ke seluruh tubuh beliau saw.
     2. Menempelkan Sedikit (cipratan) Air Liur Ke Tangan
       Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim : Bahwasanya Nabi Muhammad saw apabila ada manusia tergores kemudian luka, maka beliau membaca do'a kemudian air liurnya ditempelkan pada tangannya, lalu diusapkan pada luka orang itu dan atas ijin Allah swt luka itupun sembuh.
Berikut do'a yang dibaca oleh Rasulullah saw :
"Allahumma Rabban-nas, Adzhibil Ba'sa, wasyfi antasy-syafi, La Syifa-a Illa Syifa-uka, Syifaa-an La Yughodiru Saqoman."  
Yang artinya : " Ya  Allah, Rabb pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun." 
     3. Meletakkan Tangan Pada Anggota Badan
         Dalam suatu riwayat pernah Rasulullah saw memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya : "Letakkanlah tanganmu pada anggota badan yang sakit dan kemudian bacakanlah "Bismillah 3x A'udzu bi-'izzatillah waqudrotihi min syarri maa ajidu wa uhadziru 7x ."
Itulah tuntunan Rasulullah saw kepada kita agar kita tidak lupa untuk juga melakukan metode terapi penyakit dengan do'a. Namun demikian bagi siapapun yang ingin melakukan terapi do'a ini tetap peliharalah adab-adab dalam berdo'a, diantaranya :
  1. Berdo'a dengan tulus ikhlas kepada Allah swt
  2. Disunnahkan untuk suci dan berwudlu'
  3. Sangat disunnahkan untuk menghadap ke kiblat
  4. Harus memiliki rasa optimis bahwa do'a tersebut pasti dikabulkan
  5.  
    Awalilah dengan pujian/alhamdulillah
  6. Setelah pujian bersholawatlah kepada Rasulullah saw
  7. Menengadahkan kedua tangan
  8. Jauhilah sumber makanan/minuman yang haram
  9. Perbanyaklah untuk bersedekah
  10. Dan peliharalah amal sholeh
  11. Sabar dan Tawakkallah kepada Allah swt 
Al-kandiyas krapyak,Rojab 1432 H
Hormat kami,


H.Ridwan Em Nur
Pengasuh

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmPInypKzq3KcFIae5-R7hyVgmOYqaV9BFlX1DZUbmI6CQBFrCksl7_ve16W67SXctyKXAXuTDPBM6yIcS_8t8yAlf10_5yfZeuzTd9kAlUsFL1mM_OD7WNtOZh6otdesoH-X_hcJkxX8/s320/air1.jpg
       Air Zam-Zam Untuk Segala Penyakit
                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar